Halaman

Senin, 11 November 2013

Keutamaan Kota Makkah


Dalam Al Qur`an telah disebutkan tentang kemuliaan dan keutamaan kota Makkah al Mukarramah. Diantaranya dibangun Ka'bah (Bayt Allah), yang menjadi symbol persatuan umat Islam dalam menghadap Allah. Selain itu, Allah mengharamkan umat manusia melakukan pertumpahan darah di Makkah.
Dalam kitab shahih Muslim bab: Haji disebutkan bahwa Rasulullah bersabda pada saat penaklukkan kota Makkah, "Sesungguhnya negeri ini telah Allah haramkan pada saat diciptakan langit dan bumi. Maka, dia haram dengan keharaman Allah hingga Hari Kiamat. Tidak boleh dicabut durinya, tidak boleh diusir binatang buruannya, tidak boleh diambil barang temuannya kecuali dia bermaksud untuk mengumumkannya, dan tidak boleh dipotong rumputnya." Lihat juga surah At-Taubah ayat 28.

Makkah sebagai pusat bumi
Kota Makkah memiliki berbagai nama sebuatan lain. Salah satunya adalah Ummul Qura, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah surah Al An'am ayat 92, dan Asy-Syuraa ayat 7.
Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani dalam bukunya mengenai sejarah kota Makkah memaparkan ada empat pendapat mengapa Makkah dinamakan Ummul Qura`. Pertama, bumi dibentangkan dari bawahnya. Dengan demikian, Makkah menjadi pusaran bumi dan merupakan pusat dunia. Dalam penelitian ilmiah, secara falaki ditemukan bahwa Ka'bah adalah pusat bumi dan dia dibangun di jantung Makkah.
Kedua, Makkah merupakan kota terlama. Ketiga, Makkah merupakan kiblat semua manusia yang mereka menghadap ke sana. Keempat, ia merupakan kota yang sangat agung kedudukannya dibandingkan kota-kota lain didunia.

Ka'bah
Allah telah mensyariatkan pada manusia untuk bertawaf di Baitullah (Ka'bah), dan tidak mewajibkan hal itu di tempat manapun.
Keutamaan Ka'bah juga dijelaskan dalam Al Qur`an surah Al Maidah ayat 97: "Allah telah menjadikan Ka'bah, rumah Suci itu sebagai pusat (peribadatan dan urusan dunia) bagi manusia, dan (demikian pula) bulan haram, hadya, qalaid."
Ka'bah adalah rumah ibadah pertama yang dibangun umat manusia di muka bumi. Hal ini berdasarkan keterangan Al Qur`an surah Ali Imran ayat 96. "Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat ibadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi manusia." Masih banyak keutamaan lain berkaitan dengan Ka'bah ini.

Sumur Zam-zam
Para sejarawan sepakat bahwa Zamzam adalah minuman Nabi Ismail AS dan ibunya. Sudah banyak riwayat yang mengungkapkan sejarah munculnya sumur Zamzam ini. Bahkan, proses Siti Hajar (ibunda Nabi Ismail) sewaktu mencari air telah diabadikan bagi umat Islam untuk melaksanakan Sai, atau berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke Marwah.
Sumur Zamzam merupakan sumur tertua di dunia, usianya diperkirakan mencapai 5.000 tahun lebih. Dalam sejumlah penelitian disebutkan, air yang ada di sumur zamzam diyakini tidak akan pernah kering. Ini merupakan suatu keistimewaan. Sebab, puluhan juta kiloliter air yang selalu diminum dan dibawa pulang oleh jamaah haji, namun hingga kini sumur Zamzam tetap memancarkan air untuk keperluan penduduk Makkah dan umat Islam di seluruh dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar